Pasar Uang Jilid 1

Di dunia ini jika cuma ada 1 mata uang maka tidak akan ada pasar mata uang, perdagangan mata uang, dan pertukaran mata uang. Saat ini pasar mata uang memiliki peranan yang sangat penting seperti untuk pembayaran dengan negara lain, transfer dana, dan kemampuan beli antara satu mata uang dengan mata uang yang lain dan yang tidak kalah penting yaitu nilai tukar antara satu mata uang dengan mata uang lain. 25 tahun belakangan ini kondisi di pasar mata uang sangat berubah.

1. Bagaimana kondisi dunia global berubah ?

Sejak awal tahun 1970 dengan meningkatnya transaksi keuangan internasional , pasar mata uang menjadi berubah baik itu dalam jumlah, area, tatanan dan tipe pengoperasian. Perubahan ini adalah akibat dari perubahan struktur ekonomi dunia dan sistem keuangan internasional. Adapun perubahan besar di dalam dunia keuangan global adalah sebagai berikut :

  • Perubahan dasar sistem keuangan internasional, dari nilai tukar tetap oleh Bretton Woods sampai dengan awal tahun 1970 menjadi nilai tukar yang fleksibel seperti hari ini, dimana negara dapat membiarkan mata uangnya mengambang mengikuti pasar atau mengikuti nilai tukar negara lain.
  • Perubahan deregulasi keuangan seluruh dunia, dengan tidak adanya lagi pengaturan dari pemerintahan dan pembatasan di seluruh negara, menjadi kebebasan untuk transaksi dalam negara dan internasional, dan hal ini meningkatkan persaingan institusi keuangan di seluruh dunia.
  • Pergerakan dasar institusi dan internasional mengenai tabungan dan investasi, dengan pengelola dana dan institusi keuangan dunia dengan jumlah dana yang besar, dimana mereka menginvestasikan dan memilah mata uang dunia dalam jumlah yang besar untuk mendapatkan hasil yang lebih besar
  • Semakin luas dan dalamnya trend perdagangan bebas internasional, dengan pengaturan dari perjanjian perdagangan dunia seperti Perjanjian Tarif dan Perdagangan Tokyo dan Uruguay, Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, dan Perdagangan bilateral antara Amerika dengan Cina, Jepang dan Uni Eropa
  • Perkembangan dahsyat di dunia teknologi, menyebabkan institusi dapat melakukan perdagangan secara langsung, dapat mengakses informasi dunia keuangan dengan cepat dan tepat langsung dapat mengambil kesempatan di pasar uang. Semuanya ini dapat dilakukan dengan efisien dan menghemat biaya.
  • Terobosan dalam teori dan praktik keuangan, hasilnya tidak hanya perkembangan inovasi instrumen keuangan, tetapi juga kemajuan dalam pola pikir yang telah merubah pengertian sistem keuangan dan teknik kita untuk mengoperasikannya.

Adapun perkembangan ini adalah peranan pasar uang, pertumbuhan dan perkembangan pasar, kebebasan dan persaingan di pasar uang, perkembangan di dalam efisiensi pasar, kenaikan ketergantungan pada usaha dan mekanisme pasar dan kreasi untuk teknik dan instrusmen yang lebih baik. Di dunia keuangan, perdagangan mata uang meningkat drastis. Pasar berkembang dari bank menjadi saat ini banyak institusi keuangan dan non keuangan yang turut serta termasuk perusahaan non keuangan, badan investasi, dana pensiun, dan dana pihak ke 3. emuanya ini semakin meluas kepada para importir dan eksportir untuk mengatasi besarnya nilai investasi dan aliran dana yang terjadi. Semuanya udah berubah dari keuangan satu negara menjadi satu kesatuan pasar uang internasional yang memainkan peran yang semakin penting di perekonomian, mempengaruhi semua aspek kehidupan kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s