Pasar Uang Jilid 2

2.Bagaimana Nilai Tukar Mata Uang Berkembang?

Pada tahun 1998, Federal Reserve mengumumkan survey mengenai laporan dealer di Amerika Serikat memperkirakan bahwa nilai tukar di pasar Amerika Serikat sebesar 251 Miliar dollar per harinya, setelah disesuaikan untuk perhitungan ganda. Jumlah ini meningkat 43% di atas estimasi tahun 1995 dan lebih dari 60 kali di tahun 1977. Ini menyatakan pertumbuhan dan ukuran perdagangan mata uang Amerika Serikat saat ini. 351 miliar dollar setiap harinya hanya mencakup 3 instrumen tradisional dalam OTC yaitu spot, outright forwards, dan pertukaran mata uang asing, itu semua tidak termasuk over the counter currency options dan pertukaran mata uang yang diperdagangkan di pasar OTC, dimana total 32 miliar dollar per hari di tahun 1998. uga tidak termasuk 2 produk diperdagangkan yaitu currency futures dan exchange traded currency options dimana perputaran mencapai 10 miliar dollar per harinya. Pasar mata uang asing juga memperlihatkan perkembangan yang fenomenal. Tahun 1998 pada survey yang dilakukan oleh BIS, perputaran uang terjadi sebesar 1,49 triliun dollar per hari untuk produk tradisional ditambah 97 miliar dollar untuk over the counter currency options dan pertukaran mata uang, dan 12 miliar dollar untuk perdagangan instrumen mata uang pada pertukaran organisasi.

Pada produk tradisional, perdagangan global mata uang asing meningkat lebih dari 80% dari tahun 1992 sampai 1998. Peningkatan dalam pertukaran mata uang di Amerika Serikat mencerminkan pertumbuhan yang terus pada perdagangan internasional dan perkembangan keuangan global dan investasi pada tahun tersebut. Pada perdagangan tersebut nilai dollar Amerika Serikat pada transaksi internasional alam bentuk barang maupun pelayanan, jumlah ekspor dan impor dari 3 kali lipat dr tahun 1980 dan 1995 menjadi 15 kali lipat. Perdagangan internasional pada ekonomi global juga meningkat drastis. Perdagangan barang dunia lebih dari 2,5 kali lipat dr tahun 1980. Akan tetapi perdagangan internasional tidak dapat dihitung untuk peningkatan yang besar pada perdagangan mata uang asing Amerika Serikat untuk 25 tahun belakangan. Peningkatan yang besar pada nilai transaksi internasional untuk di A.S dan luar negeri sudah sangat dominan. Nilai pemasukan A.S internasional termasuk penjualan surat berharga A.S dan saham untuk orang asing, akuisisi pabrikan A.S oleh pihak asing.

Besarnya perdagangan luar dan pembayaran kekurangan dalam A.S dan kelebihan di luar memberikan kontribusi untuk perkembangan keuangan. Melalui banyak periode sejak 1983, A.S membukukan defisit perdagangan antara 100 s/d 200 miliar dollar per tahun, sedangkan Jepang dan Jerman membukukan perdangan surplus. Kontrasnya 3 negara tersebut hanya mengalami defisit atau surplus yang biasa saja antara tahun 1960 s/d awal 1970. Kegiatan keuangan internasional dangaet meningkat. Bank-bank negara menyatakan bahwa GDP negara-negara meningkat dari 25% menjadi 42% pada tahun 1995. Pada periode yang sama, transaksi sekuritas di 3 negara terbesar – A.S, Jepang dan Jerman berkembang dari kurang dari 10% GDP menjadi sekitar 70% dari GDP Jepang dan lebih dari 100% GDP Jerman dan A.S Perdagangan surat berharga internasional melebihi 4 kali lipat dari 10 tahun terakhir. Antara tahun 1988 s/d 1993, sekuritas melalui Euroclear dan Cedel meningkat 6 digit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s