Pemahaman Fundamental tentang Candlestick

Sebelum kita memahami tentang pola-polanya yang cukup variatif dan subyektif menurut saya, mari kita sebaiknya mamahami hal-hal yang paling dasar pada candlestick itu sendiri. Candlestick akan membentuk sebuah body, yang panjang pendeknya tergantung dari seberapa banyak volume transaksi dan seberapa kekuatan buyer dan seller pada periode tertentu.

Setelah terbentuknya body biasanya candlestick akan memberitahu 4 informasi penting yang dapat menentukan analisa kita. Informasi tersebut yakni, High, Low, Open, Close. Apa itu high, apa itu low, apa itu open, apa itu close? Akan saya bahas pada postingan ini.

High dari arti kamus kita tahu bahwa kata tersebut berarti tinggi. Dan memang dari kata tersebut bisa disimpulkan bahwa High dalam candlestick berarti harga tertinggi yang ditawarkan pada periode tertentu. Semakin tinggi high maka kita tahu bahwa price sedang ada kontraksi dengan buyer dan biasanya apabila high itu panjang dan cukup jauh dengan harga penutupan biasanya akan membentuk suatu reversal atau pembalikan. Low berarti harga terendah yang ditawarkan pada periode sesaat. Sama seperti high apabila low panjang biasanya seller sedang kontraksi atau sedang berusaha mempertahankan posisinya walaupun pada akhirnya mereka sedikit demi sedikit melepaskan posisinya karena tertahan oleh kondisi tertentu biasa sudah berada di level resistance. Low semakin jauh dengan posisi close maka akan ada indikasi bahwa ada usaha untuk membalikkan keadaaan.

Untuk open dan close secara berurutan berarti harga pembukaan dan harga penutupan di periode tertentu. Semakin jauh jarak open dan close maka ada pelemahan entah itu buyer melemah terhadap seller, maupun sebaliknya. Dan semakin dekat open dan close hal tersebut dapat diperkirakan bahwa baik buyer dan seller memiliki kekuatan yang seimbang. Harga dikatakan naik (bullish) apabila harga pembuka lebih rendah dari harga penutup, dan harga dikatakan turun (bearish) apabila harga penutup lebih rendah dari harga pembuka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s