Pola-pola ece-ece pada candlestick part 1

Berikut adalah pola-pola yang paling mendasar pada candlestick yang bisa dibilang ece-ece namun powerful dan dapat mengidikasikan kondisi yang akan terjadi berikutnya.

Marubozu candlestick ini tidak memiliki upper shadow atau high ataupun lower shadow atau low. Marubozu itu sendiri berasal dari bahasa negeri sakura yang berarti close-cropped atau close-cut (saya tidak tahu arti dalam bahasa Indonesianya apa) biasanya marubozu terjadi ketika price hendak akan break suatu level resistance atau support ataupun bila ada news yang impact-nya high seperti interest rate suatu Negara atau NFP yang terjadi pada jum’at keramat alias pada hari jum’at minggu pertama.

Long day candlestick merupakan body candlestick yang membentuk panjang dengan jarak low dan high-nya pendek. Biasanya candlestick ini terjadi pada awal mula suatu trend atau merefleksikan bahwa ada volume transaksi yang cukup besar pada periode tertentu.

Long-legged Doji candlestick membentuk high and low panjang dengan jarak open close pendek. Seperti yang telah saya seinggung di posting-an kemarin ini mengindikasikan bahwa buyer ~ seller, dan dapat disimpulkan bahwa kebanyakan trader bimbang apakah trend akan naik ataupun turun, dan biasanya terjadi setelah big move atau sedang menunggu news dengan high impact.

Short day candlestick bertolak belakang dengan long day candlestick short day candlestick memiliki body yang pendek. Pola ini terjadi apabila price sudah jenuh beli atau jual ataupun pola ini terjadi pada sesi Asia. Karena sesi ini biasanya volume transaksi masih cukup kecil dan terkadang naik turun tidak karuan alias sideway.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s