Seputar Pengenalan dan Pemahaman tentang Support dan Resistance

Dalam dunia forex atau saham kita akan sering bertemu dengan istilah-istilah yang mungkin sulit untuk dimengerti, khususnya para newbie. Contohnya saja Support dan Resistance. Apaan sih itu??? Support dan Resistance diibaratkan suatu batas-batas yang akan dicapai oleh price ketika price sedang uptrend ataupun downtrend. ecara ilmu dasar statistika support dan resistance itu bisa diartikan batas bawah dan batas atas dari suatu kelas. Support dan Resistance diibaratkan suatu batas-batas yang akan dicapai oleh price ketika price sedang uptrend ataupun downtrend.

Pada kasus ini support bisa didefinisikan suatu level dimana price akan bergejolak ketika price menyentuh atau mendekati level tersebut. Para seller mempertimbangkan ketika price sudah berada atau dekat pada level ini. Apakah dia akan mempertahankan posisinya dengan harapan price akan menembus level kritis tersebut atau malahan dia menutup posisi dan segera beralih menjadi buyer ato akan menikmati profit yang ia raih.

Sedangkan resistance merupakan level-level kritis dimana price memiliki kecenderungan proses obokisasi atau naik-turun ketika harga mendekati atau menyentuh level ini. Sama halnya dengan support, para buyer segera memikirkan apakah dia akan menahan posisinya atau perlahan-lahan melepaskan posisinya.

Apabila price mampu menembus support atau resistance-nya, maka support dan resistance berikutnya akan menjadi perhatian. Karena secara umum support dan resistance tidak dibatasi hanya satu level saja. Kadang level tersebut bisa mencapai 3 level.

Support dan Resistance tidak dibatasi oleh perhitungan pivot saja. Ada trader yang menggunakan Fibonacci sebagai support resistance, ada yang menggunakan camarilla level sebagai pembanding antara support dan resistance, ada pula yang menggunakan murrey math untuk support dan resistance suatu price, dan masih buanyak lagi.  hal tersebut tergantung dari trader itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s