Pergerakan Harga

maaf nih misalnya yang bacanya OM KG,, izin copas,, soalnya lagi ada bahan tugas buat sharing di facebook,,,

Pergerakan yang terjadi pada harga adalah akibat adanya transaksi-transaksi yang terjadi di pasar mata uang. Ada empat jenis transaksi yang ada pada transaksi mata uang yaitu Open Position Sell, Open Position buy, Close Position Sell dan Close Position Buy. Dari empat jenis ini untuk memudahkan transaksi-transaksi ini dikelompokkan hanya menjadi dua jenis transaksi berdasarkan pengaruhnya terhadap pergerakan harga yaitu transaksi Buy dan transaksi Sell. Transaksi Buy adalah transaksi-transaksi yg menyebabkan harga bergerak naik (Open Position Buy dan Close Position Sell) dan transaksi Sell adalah transaksi-transaksi yang menyebabkan harga bergerak turun (Open Position Sell dan Close Position Buy).

Perbedaan jenis transaksi dan volume transaksi yang dilakukan para pelaku pasarlah yang menyebabkan harga terlihat bergerak naik-turun dari waktu ke waktu. Jadi jika saat ini volume transaksi Buy lebih besar dari volume transaksi Sell saat ini maka harga akan bergerak naik, dan sebaliknya jika volume transaksi Sell saat ini lebih besar dari volume transaksi Buy maka saat ini juga harga akan bergerak turun. Kira-kira seperti itulah pendekatan yang paling mudah dan logis untuk memahami mengapa harga selalu bergerak naik-turun dari waktu ke waktu di chart kita.

Proses transaksi yang dilakukan para pelaku pasar ini terus terjadi setiap saat selama pasar mata uang beroperasi. Kemana harga akan bergerak sepenuhnya sangat tergantung pada volume dari jenis transaksi terbesar yang dilakukan oleh pelaku pasar saat ini. Para pelaku pasar ini sangat beragam, banyak jumlahnya dan tersebar di seluruh dunia. Di dukung oleh kemajuan teknologi informasi dan komputerisasi di abad ini sesungguhnya setiap pelaku pasar dari belahan dunia manapun saat ini dapat bertransaksi di pasar mata uang setiap saat. Jadi hampir tidak mungkin bagi kita untuk dapat mengetahui kapan dan seberapa besar volume transaksi yang dilakukan para pelaku pasar ini.

Nah, dari keadaan inilah kita seperti yang telah saya sampaikan dibeberapa tulisan saya terdahulu menarik kesimpulan bahwa sesungguhnya “Kita tidak pernah tahu kemana dan sampai dimana harga akan bergerak setelah saat ini”. Mengapa? Salah satu alasannya adalah apa yang sudah saya sampaikan di atas tadi. Dalam proses analisa yang kita lakukan kesimpulan ini adalah landasan penting yang harus kita pegang erat-erat, karena hal ini sangat penting bagi kita terutama ketika kita ingin memahami pergerakan harga di pasar mata uang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s